Sabtu, 18 Mei 2013

"Ajarin Bikin Artwork Dong!?"

"Ajarin bikin artwork dong!?"

Nyaris tiap saya posting artwork (abal-abal bin amatiran) di facebook selalu ada kalimat itu. Hm, dalam hati agak sumringah juga sih. Ya ternyata karya kita diapresiasi banyak orang, jadi makin semangat. Baiklah. Kali ini saya akan jawab todongan dari teman-teman yang nyolot minta diajarin buat artwork :D :D. Nih nih ...


Sebelum belajar dari saya, saya mau nunjukin dulu karya abal-abal modal otodidak saya selama LIMA tahun ya... cekidot...

2008-2009 (baru punya laptop men, item gede kayak bapak2 kantoran, dan baru kenal Photoshop CS)
temen-temen SMP, ayo tebak mana saya! #dor efeknya cuma bisa itu doang

awal-awal kenal Naruto, kelas IX SMP. Nggak pake software alias gambar tangan.

2010-2011 (mulai melemaskan tangan dan tersihir buat bikin karakter komik Jepang sendiri)
Ini gambar anime pertama saya (fanart), gak bisa pakai efek cuma modal arsiran dan scan trus diwarnai pakai Photoshop

Ini gambar sketsa gara-gara ngiri sama sketsa temennya temen, eh gagal

Nih jugak, modal kepengen

aha, inget ini aktor di drama apa? Hana Kimi

lineart dari pensil yang kemudian di edit pakai Photoshop

Ini gambar realistis pertama saya lhoo... modal pensil 2B sama pensil warna item

ini original character saya buat main role play di komunitas otaku doeloe

ini OC-nya keponakan virtual saya
2011 akhir (melupakan sketsa dan fokus ke eksperimen Photoshop)
Ini aslinya Kim Hyun Jong personel SS501, muka saya ganti muka temen

Ini aslinya Park Shin Hye. muehehe
2012 (main-main sama efek Photoshop)
Ini aslinya foto orang, mukanya saya ganti pakai kartun plus pakai efek warna

ini awalnya sketsa pensil, diwarnai pakai photoshop dan pakai efek, lebih rapi

Abal ini mah, ganti muka juga

Ini edit bentuk, awalnya gak berjilbab dan baju pendek

Ini awalnya seksi

Yeah, you know kan ini siapa, huehehe
2013 (mulai pakai lineart, pakai dua software: SAI Paint tool dan Photoshop)



Ini aku cuma ngasih warna sama bikin bunganya (unyukan?)





NGGAK sesingkat yang Anda bayangkan kan???? *plakplakplak*
Iya, sebelum teman-teman beneran mau belajar buat artwork (apapun itu) teman-teman harus tahu dulu kalau di sini yang dibutuhkan adalah kesabaran, waktu, dan semangat belajar. Saya sendiri dulu ngutak-atik sendiri photoshop, teman sekelas nggak ada yang paham (SMP). Saya sendiri sempat vakum dengan artwork 1,5 tahun lalu bangkit lagi semangatnya karena pengaruh hobi dan kebetulan jadi otaku, muehehehe (kerjaan saya dulu bikin ginian sama nulis fanfic lhoh). Well, vakum lagi pas kuliah dan sekarang semangat lagiiii tapi orientasinya udah beda, insyaa Allah dakwah lillahita'ala.

Bismillah, kita mulai belajarnya. Dari contoh yang saya kasih tadi kita dapat pilah-pilah sendiri mau belajar yang gimana. Berbasis (kayak permrograman aja) pensil kertas atau monitor mouse? Maksud saya, mau yang tradisional art (beneran gambar di kertas) atau digital art? Kalau traditionall art kayaknya udah pada bisa, yang digital art ini aja ya.

Tentukan Software
Dari tadi saya bilang ada istilah SAI dan Photoshop. Apa sih? SAI itu aplikasi buat bikin artwork dari Jepang. Kebanyakan para otaku pakai software ini buat bikin tokoh anime atau fanart. Tampilannya simpel tapi sebetulnya nggak jauh beda dari Photoshop. Saya pakai SAI untuk bikin lineart (pola gambar). Photoshop itu software buat ngedit foto sebenernya, tapi karena multifungsi jadi bisa dipakai buat pewarnaan sama efek 3D. Ada CS-CS6, semua bisa dipakai kok, semakin tinggi angkanya fiturnya semakin canggih. Tapi saya punya CS3 juga nggak jauh beda cara pakainya sama CS (atau saya yang gak bisa ya?). Pakai Corel Draw juga bisa, tapi saya nggak bisa pakainya.

Pelajari Software
Karena saking penasarannya sama Photoshop saya punya dua buku tutorialnya, coba-coba, kalau berhasil kegirangan. Hm... dan jangan putus asa. Pelajari software bisa bikin paham konsep dengan sendiri tanpa baca banyak tutorial.

Coba-coba
 Saya punya puluhan video tutorial buat bikin artwork setelah itu baru deh dipraktekkan. Ini dia yang susah, coba-coba. Gimana mau nyoba orang gue sibuk! He he. Anyone?

Mulai ATM Gambar Orang
Saya punya kawan yang otaku tapi arworknya keren parah, saya sering minta tips dari dia dan kadang ngikutin gaya artwork dia... muehehehe

Itu dulu deh tutorialnya, ntar baru saya kasih yang lebih teknis. Betewe saya jadi inget kalau punya hutang tutorial blogging. Aaaaa selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar